Jumat, 11 Juni 2021

PEMBATAL ASY-SYAHADATAIN BAGIAN 3 (terakhir)

🌍 BimbinganIslam.com
🔆 Jum'at, 12 Sya'ban 1442 H/ 26 Maret 2021 M
👤 Ustadz Abdussalam Busyro, Lc. 
📗 Kitāb Aqiidatut Tauhīd
🔊 Halaqah 15 : Pembatal Asy-Syahadatain Bagian 3

〰〰〰〰〰〰〰

*PEMBATAL ASY-SYAHADATAIN* BAGIAN 3 (terakhir) 

سم الله الرحمن الرحيم 
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه  لاحول ولاقوة إلا بالله 
رضيت بالله رباًّ وبلإ سلام دينا وبمحمد نبيا و رسولاً ربي زدني علما ورزقني فهما 


Sahabat BiAS yang kami muliakan, syukur kita kehadirat Allāh atas nikmat dan karunia yang telah Allāh Subhānahu wa Ta'āla berikan.

Alhamdulillāh kembali kita diberi kemudahan oleh Allāh untuk berthalabul 'ilmi, semoga Allāh Subhānahu wa Ta'āla meridhai kita semua. 

Masih kita membahas Kitāb Aqīdah At-Tauhīd Karya Syaikh Shalih Al-Fauzan rahimahullāh, beliau salah satu anggota MUI (Fatwa) Saudi Arabia. 

Masih pada materi lanjutan yaitu: 

▪Pembatal Keislāman ( نواقض الإسلام)

Berkata muallif hafidzahullāhu ta'āla:

السحرُ، ومنهُ الصرفُ والعطفُ (لعله يقصد عمل ما يصرفُ الرجلَ عن حب زوجته، أو عمل ما يحببها إليه) فمن فعله، أو رضي به كفرَ، والدليل قوله تعالى: {وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ} [البقرة: 102] 

⑺ _Di antara pembatal keislāman adalah sihir, dan di antara sihir adalah الصرفُ والعطفُ (maksudnya) adalah seorang laki-laki yang membenci istrinya atau melakukan pelet. Barangsiapa melakukannya atau ridha terhadap perbuatan tersebut, maka dia dihukumi sebagai orang kafir._

Sebagaimana firman Allāh Subhānahu wa Ta'āla:

وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ

_"Padahal keduanya tidak mengajarkan sesuatu kepada seseorang sebelum mengatakan, "Sesungguhnya kami hanyalah cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kafir."_

(QS. Al-Baqarah: 102)

Menunjukkan sihir itu bisa membuat seseorang kufur. Terkait dengan sihir, maka sihir itu bermacam-macam. Ada yang bisa membuat kecintaan seseorang berlebih atau membuat kebencian seseorang berlebih. Walhasil keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memisahkan antara keduanya. 

Jika suami istri maka suami menjauh dari istrinya atau sebaliknya, apabila pertemanan,  jika semula pertemanan itu baik menjadi terpisah atau semakin terpisah.

Sihir adalah nyata dan nabiyullāh Musa 'alayhissallām pernah terkena sihir yang dilakukan oleh tukang sihir Fir'aun. Bahkan Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam, beliau pernah terkena sihir dan pelakunya adalah Labīb Ibnu Al-Asham Al-Yahudi.

Ketika Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam sedang tidur kemudian datang dua malaikat, satu malaikat duduk di dekat kaki beliau dan yang satunya duduk di dekat kepala beliau.

Kemudian terjadi dialog antara dua malaikat ini,

ما هذا الرجل؟ 

_"Ada yang terjadi pada orang ini?" Maka salah satu malaikat mengatakan, "Dia terkena sihir"._

Siapa yang melakukannya? 

Yang melakukan adalah Labīb Ibnu Al-Asham Al-Yahudi.

Ketika itu Labīb mengambil rambut yang tersisa di sisir Nabi kemudian dibacakan buhul-buhul (jampi-jampi) kemudian rambut tersebut ditanam di sebuah sumur.

Ketika Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bangun, kemudian beliau memerintahkan salah seorang sahabat untuk menguras sumur tersebut dan di dalam sumur itu ditemukan buhul-buhul (ikatan atau simpulan-simpulan) menunjukkan sihir itu ada.

Dan upaya yang baik agar seseorang selamat dari sihir adalah: 

① Sebelum tidur dianjurkan untuk membaca surat An-nas dan Al-Falaq kemudian ditiupkan kearah kedua tangannya, lalu diusapkan ke bagian muka, kepala, badan, tangan dan kaki.  

Jika seseorang merutinkan hal ini, In syā Allāh dia akan dijauhkan dari sihir.

②  Agar seseorang selamat dari sihir, maka Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda: 

من تصبح بسبع تمرات من عجوة المدينة وفي لف

_"Barangsiapa siapa di pagi hari makan kurma"_

Dalam riwayat lain dikatakan, "Kurma Ajwa"

Maka sepanjang hari itu, dari pagi hari sampai sore dia tidak akan terkena sihir atau terkena racun.

Hadīts di atas menyatakan, " Kurma Ajwa", tetapi para ulama mengatakan, "Tidak harus kurma Ajwa tetapi kurma apapun jenisnya"

Menunjukkan kurma adalah makanan yang barakah.

③ Di pagi dan sore hari membaca: 

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

_“Tidak ada Tuhan Selain Allāh, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu"_

Pernah terjadi dialog antara dua orang. Tiba- tiba salah seorang dari mereka berkata kepada temannya, "Maafkan aku!".

Kemudian temannya ini berkata, "Aku akan mengampuni apa yang menjadi permintaanmu tetapi ada satu syarat kamu harus mengatakan apa yang telah kamu perbuat sehingga kamu meminta maaf kepadaku"

Kemudian orang yang ingin meminta maaf mengatakan, "Sesungguhnya empat atau lima tahun yang lalu aku hendak menyihirmu bersama teman-temanku. Tetapi selama ini tidak pernah berhasil"

Kemudian temannya yang akan disihir ini mengatakan, "Sesungguhnya setiap pagi dan sore aku selalu membaca: 

 لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ" 

Sihir itu nyata.  

يُفَرِّقُونَ بِهِۦ بَيْنَ ٱلْمَرْءِ وَزَوْجِهِۦ

_"Memisahkan antara seseorang dengan saudaranya"_

Pernah terjadi di Saudi Arabia, seorang TKW yang baru datang dari Indonesia, suatu ketika dia pergi ke penjahit, penjahit itu orang Pakistan (ganteng tinggi besar rambutnya selalu klimis) sehingga TKW ini bertanya, "Minyak apa yang anda gunakan, sehingga rambut anda rapih?".

Penjahit ini mengatakan, "Jika kamu mau besok datanglah ke sini jam 09.30 pagi" 

Keesokan harinya si TKW datang dan mengambil minyak rambut yang diberikan oleh si penjahit dan membawa pulang minyak tersebut".

Kemudian sore hari si TKW mandi dan menggunakan minyak rambut yang diberikan oleh penjahit tadi, ketika hendak menggunakan minyak tersebut majikannya bertanya, "Minyak apa itu?" Si TKW diam, kemudian mengatakan bahwa minyak tersebut diberi oleh penjahit. 

Kemudian majikannya berkata, "Biar kucoba dahulu sebelum engkau mencobanya" lalu majikan itu memanggil kucing dan menumpahkan minyak tersebut ke badan kucing, setelah kucing tersebut diberi minyak kemudian kucing tersebut dilepas.

Lalu apa yang terjadi? 

Ternyata setiap hari, setiap jam 09.30 pagi kucing itu datang ke rumah penjahit tadi.

Subhānallāh, si penjahit berharap yang datang adalah TKW yang sudah diberi botol minyak ternyata yang datang adalah kucing.

Demikianlah sihir.

Kemudian di antara bentuk pembatal keislāman adalah: 

مظاهرة المشركين، ومعاونتهم على المسلمين، والدليل قوله تعالى: {وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ} [المائدة: 51]

⑻ _Mendukung orang musyrikin dan menolong mereka dalam rangka memusuhi kaum muslimin._

Seharusnya umat Islām menolong umat Islām, tapi ini tidak (umat Islām membantu orang kafir) 

Terkadang orang kafir dikatakan kafir mereka tidak mau, mereka ingin dikatakan non muslim. 

Padahal bahasa Arab hanya mengenal muslim untuk umat Islām dan kafir untuk non muslim.

Dalīlnya firman Allāh Subhānahu wa Ta'āla:

وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمۡ فَإِنَّهُۥ مِنۡهُمۡۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهۡدِي ٱلۡقَوۡمَ ٱلظَّٰلِمِينَ

_"Barang siapa di antara kamu yang menjadikan mereka teman setia, maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka. Sungguh, Allāh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim."_

(QS Al-Māidah: 51)

Siapapun di antara kalian menolong mereka, setia kepada mereka, cinta yang luar biasa kepada mereka (orang kafir) maka kalian menjadi golongan mereka (orang-orang kafir).

⇒ Mudhārah (مظاهرة) mendukung atau menyokong

من اعتقد أن بعض الناس يسعه الخروج عن شريعة محمد - صلى الله عليه وسلم - كما وسع الخضر الخروج عن شريعة موسى - عليه السلام - فهو كافر. قلت: وكما يعتقده غلاة الصوفية أنهم يصلون إلى درجةٍ لا يحتاجون معها إلى متابعة الرسول - صلى الله عليه وسلم 

⑼ _Barangsiapa yang memiliki keyakinan bahwasanya sebagian manusia boleh keluar dari syariat Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam sebagaimana Khidhir keluar dari syari'atnya nabi Musa alayhissallām, maka orang yang demikian dihukumi kafir._

Kenapa? 

Karena nabi khidhir dan nabi Musa memiliki syari'at yang sama, keduanya bertauhīd kepada Allāh. 

Sebagaimana yang diyakini oleh orang-orang Shufi ghulāt. Mereka meyakini bahwasannya mereka mencapai suatu tingkatan tertentu, sehingga  tidak perlu mengikuti ajaran Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam. 

Hendaklah kita berdo'a kepada Allāh agar dijauhkan dari perilaku dan pemikiran-pemikiran orang-orang shufi. 

Suatu ketika ada orang berkata:

"Pak kyai di sana itu, kalau hari Jum'at, Jum'atan di Mekkah sehingga di kampungnya tidak pernah Jum'atan".

Terkadang ada orang yang meyakini bahwasanya ada orang top apapun gelarnya (ustadz atau kyai) ketika shalat Jum'at mereka tidak mengerjakan shalat Jum'at di kampungnya. Sehingga pengikutnya meyakini bahwa kyai atau ustadz tersebut tidak shalat Jum'at di kampungnya, karena dia shalat Jum'atnya di Mekkah.

Naik apa? Nunggang blarak 

Lā ilāha illallāh. 

Blarak itu adalah ranting daun kelapa.

Ranting daun kelapa itu dari ujung ke ujung panjang dan kuat sehingga (katanya) bisa dinaiki oleh pak kyai tersebut ke Mekkah dan shalat Jum'at di sana.

Itu tidak benar !

Ini tidak mungkin !

Karena jika di Indonesia jam 12 siang maka di Arab baru jam 8 pagi, kalau di Indonesia jam 4 sore maka di Arab baru shalat dhuhur,  karena Indonesia dan Arab selisih 4 jam.

Jadi kita sebagai seorang muslim harus menggunakan akal sehat kita, jangan sampai kita beragama tidak didasari atas dasar ilmu.

الإعراض عن دين الله، لا يتعلمُهُ، ولا يعمل به، والدليل قوله تعالى: {وَالَّذِينَ كَفَرُوا عَمَّا أُنْذِرُوا مُعْرِضُونَ} [الأحقاف: 3] 
 {وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ ثُمَّ أَعْرَضَ عَنْهَا إِنَّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ مُنْتَقِمُونَ} [السجدة: 22]

⑽ _Berpaling dari agama Allāh Subhānahu wa Ta'āla, dia tidak mepelajarinya dan tidak mengamalkannya._

Dalīlnya adalah firman Allāh Subhānahu wa Ta'āla:

 وَٱلَّذِينَ كَفَرُواْ عَمَّآ أُنذِرُواْ مُعۡرِضُونَ

_"Dan orang-orang yang kafir berpaling dari peringatan yang diberikan kepada mereka"_

(QS. Al-Ahqāf: 3)

وَمَنۡ أَظۡلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِـَٔايَٰتِ رَبِّهِۦ ثُمَّ أَعۡرَضَ عَنۡهَآۚ إِنَّا مِنَ ٱلۡمُجۡرِمِينَ مُنتَقِمُونَ

_"Dan siapakah yang lebih dzalim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, kemudian dia berpaling daripadanya? Sungguh, Kami akan memberikan balasan kepada orang-orang yang berdosa"_

(QS. As-Sajdah: 22)

قال الشيخ محمد بن عبد الوهاب - رحمه الله 

_Berkata Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhāb rahimahullāh:_

لا فرق في جميع هذه النواقض بين الهازل والجاد والخائف، إلا المكره

_Tidak ada bedanya dari sepuluh pembatal yang kami jelaskan di atas, antara orang-orang yng bercanda atau orang-orang yang serius dan orang-orang yang dalam keadaan takut kecuali posisi dia dalam keadaan terpaksa._

وكلها من أعظم ما يكون خطرًا، وأكثر ما يكون وقوعًا، فينبغي للمسلم أن يحذَرها، ويخاف منها على نفسه

_Dan semua ini berbahaya dan ini yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu seorang muslim harus hati-hati (waspada) masing-masing menjadi dirinya, menjaga keselamatan dirinya._

نعوذُ بالله من موجبات غضبه، وأليم عقابه

_Kita berdo'a kepada Allāh supaya Allāh Subhānahu wa Ta'āla menjauhkan kita semua dari keburukan dan kemarahan yang dimiliki oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla dan dahsyatnya عقابه (hukuman) yang dijanjikan oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla._

نكتفي بهذا القدر

Lain waktu bisa kita lanjutkan kembali di materi yang lain, InsyaAllah

سبحانك اللهم وبحمدك، أشهد أن لا إِلَـٰه إِلاّ أنت، أستغفرك، وأتوب إليك
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

____________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian

IMAN TERHADAP WUJUD ALLĀH

🌍 BimbinganIslam.com 📆 Jum'at, 30 Syawwal 1442 H/11 Juni 2021 M 👤 Ustadz Afifi Abdul Wadud, BA 📗 Kitāb Syarhu Ushul Iman Nubdzah  Fī...

hits